Tips Mengatasi Keram Perut Saat Hamil

Minggu, 24 Juni 2012

Tips Mengatasi Keram Perut Saat Hamil
wajar jika Anda mengalami keram perut pada awal kehamilan. Faktanya Anda bisa saja mengalami keram perut ringan selama masa kehamilan Anda.

Keram perut pada awal kehamilan disebabkan oleh uterus Anda menyesuaikan dengan janin yang ada di dalamnya, mulai dari sebesar buah jeruk sampai sebesar buah semangka. Hal ini akan direspon oleh tubuh Anda dengan rasa nyeri.

Di bawah ini akan dibahas 5 tips cara mengatasi keram perut pada awal kehamilan.


1. Relax

Anda harus menyadari bahwa keram perut pada awal kehamilan adalah wajar dan tidak perlu menjadi panik karenanya. Tentu saja Anda tidak akan menikmati rasa sakit karena keram perut, tapi Anda bisa menenangkan diri karena fakta di atas. Saat Anda tenang, Anda akan tahu apa yang harus Anda lakukan berikutnya.

2. Informasikan kepada dokter

Keterbukaan akan apapun yang terjadi pada Anda dan janin Anda kepada dokter kandungan adalah hal yang penting. Pastikan di konsultasi berikunya, Anda menginformasikan kepada dokter bahwa Anda mengalami keram perut. Segala informasi ini akan memudahkan analisa dokter ketika terjadi gejala-gejala di hari kemudian.

3. Hindari stress

Uterus Anda membutuhkan aliran darah. Stress mengurangi darah mengalir ke dalam uterus. Rasa nyeri berasal dari suplai darah dan oksigen ke dalam uterus berkurang. Analoginya sama dengan himbauan dokter untuk menarik napas ketika proses melahirkan. Darah yang mengandung oksigen perlu untuk mengurangi rasa sakit

4. Identifikasi rasa sakit pada perut

Keram perut bisa berasal dari sakit perut. Pastikan Anda mengkonsumsi makanan ringan yang sehat tiap 3 jam sekali. Fluktuasi gula darah yang menyebabkan keram perut dapat dihindari dengan tips di atas. Karena posisi perut dan uterus yang berdekatan, sensasi keram pada perut sering disalah artikan sebagai keram pada uterus.

5. Konsumsi makanan sehat

Pastikan makanan yang Anda konsumsi sehat dan bergizi, termasuk (namun tidak terbatas) di dalamnya adalah: sayur mayur, buah berserat, makanan rendah garam, telur, dan susu. Garam dapat memperparah keram dan Anda
dianjurkan untuk konsumsi pisang dan apel.

Walaupun pada saat hamil Anda tidak mungkin datang bulan, tapi wajar untuk mengalami keram pada saat Anda biasanya datang bulan.

source : http://kehamilanpertama.com/5-tips-mengatasi-keram-perut-pada-masa-kehamilan/

1 komentar:

Poskan Komentar